Sekolah Pasar Modal 2015 Bikin Cerdas dalam Investasi

Written By Unknown on Rabu, 08 April 2015 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) serta harga saham emiten-emiten di dalamnya yang semakin dinamis menuntut perhitungan yang cermat bagi setiap investor dalam menentukan arah investasinya. Semakin tinggi tingkat pemahaman masyarakat terhadap pasar modal maka akan semakin cerdas danandaldalamberinvestasi di pasar modal Indonesia.

Demi meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat umum terhadap pasar modal, memberikan informasi yang menyeluruh tentang dunia investasi, serta senantiasa berupaya meningkatkan jumlah investor pasar modal Indonesia, maka di tahun ini PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) kembali menyelenggarakan Sekolah Pasar Modal (SPM) dan Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS). SPM dan SPMS adalah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala dan gratis baik di Jakarta maupun di kantor perwakilan BEI yang terdapat di 17 kota di seluruh Indonesia.

Direktur Pengembangan BEI Friderica Widyasari Dewi mengatakan, BEI telah menyelenggarakan SPM sejak 2006 dan SPMS sejak 2010. Materi yang disampaikan dalam SPM mulai dari pengenalan investasi di pasar modal, pengetahuan tentang pasar modal Indonesia, jenis-jenis efek di pasar modal, cara investasi saham, dan analisa fundamental maupun teknikal dalam berinvestasi saham.

Materi yang disampaikan dalam SPMS mulai dari pengenalan investasi di pasar modal, pengetahuan tentang pasar modal syariah Indonesia, jenis-jenis efek syariah di pasar modal Indonesia, landasan regulasi dan fiqih pasar modal syariah, mekanisme transaksi saham syariah, dan simulasi transaksi saham syariah menggunakan Syariah Online trading System (SOTS).

"SPM dan SPMS terdiri dari 2 level, yaitu level 1 dan level 2," tambah Friderica.

SPM Level 1 ditujukan untuk masyarakat umum yang ingin mengetahui atau yang ingin memperdalam investasi di pasar modal. Sedangkan SPM Level 2 ditujukan untuk investor yang ingin meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang investasi saham. SPM akan diselenggarakan pada Rabu atau Kamis dari jam 09.00 sampai 16.00. Adapun untuk penyelenggaraan SPMS adalah satu kali dalam satu bulan yang diadakan pada Sabtu dari jam 09.00 sampai 16.00.

SPM dan SPMS 2015 didukung oleh 12 anggota bursa (AB) yang menjadi mitra kerja sama yaitu: PT Asjaya Indosurya Securities, PT Bahana Securities, PT CIMB Securities Indonesia, PT Danareksa Sekuritas, PT Henan Putihrai, PT Indo Premier Securities, PT Kresna Graha Sekurindo Tbk, PT Maybank Kim Eng, PT Mega Capital Indonesia, PT Panin Sekuritas Tbk, PT Phillip Securities Indonesia, PT RHB OSK Securities Indonesia. Jumlah AB yang yang menjadi mitra kerjasama tersebut mengalami peningkatan dari 9 AB di tahun lalu.


Anda sedang membaca artikel tentang

Sekolah Pasar Modal 2015 Bikin Cerdas dalam Investasi

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2015/04/sekolah-pasar-modal-2015-bikin-cerdas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sekolah Pasar Modal 2015 Bikin Cerdas dalam Investasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sekolah Pasar Modal 2015 Bikin Cerdas dalam Investasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger