Wow! Manfaatkan 'Demam' Batu Akik, Musa Raup Belasan Juta Sehari

Written By Unknown on Jumat, 13 Maret 2015 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Meski sudah memiliki pekerjaan tetap, tapi Musa yang berprofesi sebagai seorang polisi memanfaatkan waktu luangnya untuk menciptakan mata cincin yang terbuat dari batu akik.

Dengan berjualan batu akik ia bisa menghasilkan uang jutaan bahkan belasan juta rupiah dalam hitungan sehari. Penghasilan ini ia simpan untuk modal usahanya kedepan. Batu akik dijual dengan harga bervariatif tergantung minat dan kesukaan pembeli. Jika ingin melihat keasliannya pembeli bisa memilih langsung batu yang masih dalam bentuk bongkahan. Musa yang berasal dari Ternate memasarkan batu akiknya di jalan Bandara Samrat, Kamis (12/3/2015).

Musa mengatakan awalnya ia melihat peluang batu akik besar di kota Manado."Saya melihat peluang besar menjual batu akik di kota Manado,dimana ketika batu akik mulai tampil di majalah dan televisi, peminat mulai berburu batu ini. Peluang ini saya manfaatkan dengan baik yaitu dengan menghubungi kerabat saya yang memiliki lahan perkebunan yang menyimpan batu kristal alam ini. Batu ini berasal dari Bacan Ternate,dan Halmahera," ujarnya.

Tambahnya, "peminat batu akik di Manado sangatlah tinggi, namun mengenai harga saya rasa masih lebih mahal di Ternate, sebab terkesan benar asli. Di kota Manado sudah banyak batu imitasi,dimana semuanya itu merugikan sebab beda kualitasnya. Batu bacan dipercaya bisa membuat pemakai awet muda, namun saya sendiri belum melihat pembuktiannya,"ujarnya.

Ketika ditemui ia memperlihatkan batu akik asal Bacan yang sudah selesai dan yang sudah berbentuk cincin."Ini batu saya tinggal dipilih mana yang anda mau semuanya saya jual dengan harga bervariatif. Saya sendiri memilih berjualan di ruas jalan Bandara Samratulangi sebab banyak turis domestik melintas disini. Bayangkan saja sehari pembeli sampai 20 orang bahkan lebih. Saya pernah dipesan membeli cincin sebanyak dua dan orang itu menambah lagi menjadi empat batu, setiap batu dijual Rp 7 juta. Peluang ini adalah peluang emas bagi saya, dan rencana kedepan jika modal sudah banyak saya mau buka ruko batu akik,dan batu Bacan," jelasnya.

Mengenai persaingan ia rasa biasa saja."Persaingan disini biasa saja dibandingkan dengan yang ada di Ternate sendiri, rata-rata mereka menciptakan batu ini. Namun yang saya lihat di kota Manado masih sedikit pengrajin batu ini," ujarnya

Ia mengatakan bisa membuat batu sesuai keinginan."Saya bisa membuat batu sesuai keinginan,dimana batu akan saya pilih dengan baik dan bisa menciptakan suatu ganbar abstrak yang disukai orang. Yang paling sering saya buat bermotif kuda laut, tapi bisa saja bermotif lain ketika batu yang saya pakai memiliki garis tertentu," ujarnya.

"Memang motif-motif seperti ini yang menjadi perburuan para kaum laki-laki, mereka percaya motif ini membawa keberuntungan bagi mereka ketika mengenakan cincin. Ukuran yang saya buat ada nasional dan biasa,tergantung besar kecilnya cincin yang diinginkan pembeli. Dulunya saya menyuruh pembeli mencari gagang sendiri namun saat ini saya menyediakannya, dan pasti harganya pula bertambah,"ujarnya.

Ia berkeinginan besar agar batu Bacan yang asli miliknya dikenal oleh masyarakat kota Manado dan masyarakat umum lainnya."Saya memang masih kurang baik dalam memasarkannya, namun saya berharap bisa menjual batu ini secara online,d an tentunya butuh pekerja yang memiliki keahlian sebagai penguna jaringan sosial," terangnya. (Tribun Manado/Felix Tendeken)

Ikuti berita-berita terbaru di tribunmanado.co.id yang senantiasa menyajikan secara lengkap berita-berita nasional, olah raga maupun berita-berita Manado terkini.


Anda sedang membaca artikel tentang

Wow! Manfaatkan 'Demam' Batu Akik, Musa Raup Belasan Juta Sehari

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2015/03/wow-manfaatkan-demam-batu-akik-musa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Wow! Manfaatkan 'Demam' Batu Akik, Musa Raup Belasan Juta Sehari

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Wow! Manfaatkan 'Demam' Batu Akik, Musa Raup Belasan Juta Sehari

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger