Info Saham Tribun Manado : Sekolah Pasar Modal

Written By Unknown on Selasa, 24 Februari 2015 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID -  Bagaimana cara menjadi investor? Selama ini, tidak ada mata pelajaran di sekolah-sekolah yang mengajarkan berinvestasi. Ketika dewasa, orang baru mengetahui pentingnya berinvestasi. Salah satu alternatif investasi adalah berinvestasi di pasar modal. Informasi mengenai cara berinvestasi di pasar modal serta berbagai macam produk investasi di pasar modal dapat diperoleh dari berbagai sumber. Salah satunya melalui Sekolah Pasar Modal (SPM) yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai fasilitator perdagangan efek di pasar modal secara berkala.

Kegiatan SPM bisa diikuti seluruh lapisan masyarakat dan disediakan gratis untuk diikuti masyarakat. Tak hanya tanpa bayaran untuk mengikuti sesi pendidikan singkat ini, ada materi dan konsumsi yang juga disediakan secara gratis pula sebagai bagian dari aktivitas edukasi.

SPM merupakan bentuk kepedulian akan generasi dan masyarakat yang sadar akan keuntungan berinvestasi di pasar modal, dan terutama untuk meningkatkan jumlah investor lokal. Saat ini, dari sekitar 240 juta penduduk Indonesia, jumlah investor di pasar modal belum mencapai 1%. Dapat disimpulkan bahwa masih banyak masyarakat yang belum memahami investasi di pasar modal.

SPM dibuat agar masyarakat dapat memahami lebih jauh lagi berbagai sisi positif serta berbagai keuntungan menggeluti dunia pasar modal serta fungsi dan peran BEI. Seluruh peserta akan mendapatkan buku panduan yang berisi materi mekanisme pasar modal, transaksi efek secara langsung di BEI, serta analis teknikal.

Selain itu, pada SPM juga akan dijelaskan secara rinci dan jelas mengenai pergerakan saham berdasarkan pola dan tren dari pergerakan saham dari tahun ke tahun. Pemahaman akan analisa fundamental, serta bagaimana cara mencermati kinerja keuangan emiten. Seluruh peserta akan mendapatkan sertifikat resmi dari BEI.

Tidak hanya diselenggarakan di Jakarta, BEI juga menggelar SPM di berbagai daerah yang di tempat tersebut terdapat Kantor Perwakilan (KP) BEI. Jadwal dan tata cara pendaftaran dapat dilihat di website BEI atau KP di daerah.

Untuk masyarakat yang belum pernah mengikuti SPM sebelumnya, maka bisa mendaftarkan diri pada SPM level 1 dengan materi diantaranya pengenalan investasi di pasar modal dan mekanisme transaksi efek di BEI, cara menjadi investor di pasar modal, perbandingan keunggulan & pengantar analisa saham, Acuan Kepemilikan Sekuritas (AKSes), serta transaksi saham secara online.

Selain SPM, sosialisasi dan edukasi tentang pasar modal kepada masyarakat Indonesia terus menerus dilakukan oleh BEI melalui roadshow & seminar diantaranya Investor Summit & Capital Market Expo; Forum Investor; Investor Day; IDX Investor Club; Celebrities Gathering; PT Indonesian Capital Market Electronic Library (iCaMEL); dan Galeri Investasi BEI. Kegiatan sosialisasi dan edukasi tersebut dilakukan untuk mendorong peningkatan jumlah investor lokal di tanah air sehingga diharapkan dapat menopang pertumbuhan industri pasar modal dalam negeri. (Tim BEI-Kantor Perwakilan Manado)

PT Bursa Efek Indonesia
Kantor Perwakilan Manado
Ruko Mega Style Blok 1C No. 9
Kompleks Mega Mas
Jl. Piere Tendean – Boulevard
Manado 95000
Telp. 0431-8881166
Fax. 0431-8881284


Anda sedang membaca artikel tentang

Info Saham Tribun Manado : Sekolah Pasar Modal

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2015/02/info-saham-tribun-manado-sekolah-pasar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Info Saham Tribun Manado : Sekolah Pasar Modal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Info Saham Tribun Manado : Sekolah Pasar Modal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger