Wow! Metode Kemoterapi Ini Bunuh Kanker Tanpa Merusak Sel Sehat

Written By Unknown on Minggu, 18 Januari 2015 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, SURABAYA - Terapi pembedahan, radioterapi, kemoterapi, imuniterapi dan padagenterapi yang diberikan pada penderita kanker selama ini belum memberikan hasil memuaskan.Pasalnya, terapi ini selain merusak sel kanker juga merusak sel normal sehingga memberikan efek samping bagi penderita.

Melihat kondisi ini, guru besar patologi anatomi, Fakultas Kedokteran, Unair Prof I Ketut Sudana membuat sebuah metode kemoterapi nutrisi kombinasi (KNK).

"Terapi ini hanya membunuh sel kanker dan tidak membunuh sel normal. Malah melindungi sel normal sehingga tidak membahayakan penderita," terang Ketut yang Sabtu ini (17/1/2015) dikukuhkan sebagai guru besar unair.

Konsep terapi ini dengan menghambat sintesa DNA dan memanfaatkan enzim spesifik yang dimiliki sel normal dalam upaya untuk memilih nutrisi yang diberikan sebagai bahan dasar sintesa DNA.

Salah satu contoh yang bisa dikembangkan di metode ini adalah kombinasi beberapa bahan kimia seperti hypoksantin, amethopterin, aminopterin dan tymidin (HA2T).

"Amethopterin dan aminopterin saya kelompokkan sebagai bahan kemoterapi sedangkan hypoksantin dan tymidin saya kelompokkan sebagai bahan nutrisi sehingga kombinasi diantara dua kelompok bahan kimia saya sebut kemoterapi nutrisi kombinasi," terang pria kelahiran Jembrana 5 Juli 1955.

Sebagai bahan kemoterapi, amethopterin dan aminopterin memiliki fungsi menghambat aktivitas methyil tetrahydrofolate pada proses sintesa timin pada DNA.

Caranya dengan menghambat pembentukan thymidilate mono phosphate (TMP) dari uridilatemono phosphate (UMP).

"TMP ini bahan dasar pembentukan timin. Kalau TMP dihambat maka timin DNA tidak terbentuk sehingga sel mengalami kematian," katanya.

Selain itu amethopterin dan aminopterin juga menghambat aktivitas formyltetrahydrofolate pada proses sintesa guanin pada DNA sehingga mengakibatkan sel mati.

Bila pemberian amethopterin dan aminopterin ini dikombinasika dengan hypoksantin dan tymidin maka sel normalnya akan tetap hidup karena kedua bahan itu berfungsi sebagai nutrisi.

Karena itu Ketut optimis metode KNK ini kandidat penting pada pengembangan tetapi kanker di masa mendatang.

Sebagai metode yang menyeluruh pemberian KNK ini dilakukan melalui vaskuler sistem dengan cara infus.

Saat ini metode KNK ini dalam tahap penelitian intensifnya sebelum memutuskan untuk dipakai pasien.

Ikuti berita-berita terbaru di tribunmanado.co.id yang senantiasa menyajikan secara lengkap berita-berita nasional, olah raga maupun berita-berita Manado terkini.


Anda sedang membaca artikel tentang

Wow! Metode Kemoterapi Ini Bunuh Kanker Tanpa Merusak Sel Sehat

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2015/01/wow-metode-kemoterapi-ini-bunuh-kanker.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Wow! Metode Kemoterapi Ini Bunuh Kanker Tanpa Merusak Sel Sehat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Wow! Metode Kemoterapi Ini Bunuh Kanker Tanpa Merusak Sel Sehat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger