Waspada! Longsor dan Puting Beliung Ancam Bolmong Utara

Written By Unknown on Jumat, 16 Januari 2015 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Pengguna jalan trans Sulawesi harus lebih hati-hati saat berada di beberapa wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Beberapa daerah tersebut rawan longsor yang bisa membayakan keselamatan.

"Ada beberapa titik yang memang rawan terjadi longsor di antaranya di Komus Satu dan Dua, Sampiro dan Sangtombolang," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmut Robert Bonde, Kamis (15/1/2015).

Hujan yang terus mengguyur wilayah tersebut, kata Bonde, berdampak pada kondisi tebing yang berada di sisi jalan. Longsor tanah bisa terjadi kapan saja, sehingga butuh kewaspadaan yang tinggi dari pengguna jalan. Apalagi, saat berkendaraan di malam hari.

Bonde menambahkan, selain ancaman longsor, warga juga patut menghadapi ancaman puting beliung yang datang tak pernah disangka-sangka. Angin puting beliung sempat menerjang beberapa desa di kabupaten tersebut.

"Lebih kurang 45 bagang (tempat menjaring ikan) milik nelayan yang porak poranda pada 3 Desember 2014 lalu akibat terjangan angin puting beliung. Angin menerjang Tanjung Sidupa, Komus Satu, Dengi dan Tungtung," kata Bonde.

Ancaman lainya adalah gelombang laut. Bonde meminta kepada nelayan untuk hat-hati saat melaut. Apalagi saat ini, tinggi gelombang antara dua hingga tiga meter. "Kalau memang cuaca tidak memungkinkan, saya sarankan untuk tidak melaut," kata dia.

Dampak cuaca ekstrem ini sudag memakan korban jiwa. Dua orang nelayan asal Bolmut meninggal dunia dua pekan lalu, 30 Desember 2014, karena terempas ombak. Bonde berharap kejadian tersebut tidak terulang.

Kepala Bagian Humas Setdakab Bolmut Khristanto Nani mengatakan, Bupati Bolmut Depri Pontoh mengingatkan agar semua instansi terkait untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi segala kemungkinan yang terjadi.

"BPBD dan Dinkos (Dinas Sosial) serta Tagana sudah siaga. Koordinasi antarinstansi semakin ditingkatkan untuk menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi," kata Khristanto. (suk)

Ikuti berita-berita terbaru di tribunmanado.co.id yang senantiasa menyajikan secara lengkap berita-berita nasional, olah raga maupun berita-berita Manado terkini.


Anda sedang membaca artikel tentang

Waspada! Longsor dan Puting Beliung Ancam Bolmong Utara

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2015/01/waspada-longsor-dan-puting-beliung.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Waspada! Longsor dan Puting Beliung Ancam Bolmong Utara

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Waspada! Longsor dan Puting Beliung Ancam Bolmong Utara

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger