Warga Minsel Siap Dievakuasi Jika Gunung Soputan 'Ngamuk'

Written By Unknown on Kamis, 22 Januari 2015 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, AMURANG - Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) bersiap membagikan masker gratis kepada warganya jika sewaktu-waktu Gunung Soputan meletus dan menyemburkan abu vulkanik.

"Memang letusan Gunung Soputan beberapa hari ini tidak menimbulkan dampak besar karena abu vulkaniknya terhalangi oleh hujan lebat. Masyarakat harus bersyukur letusan gunung ini tidak memberikan dampak besar," kata Kepala BPMPD Minsel, Handri Komaling, Rabu (21/1/2015).

Hanya Pemkab Minsel telah bersiap menghadapi kemungkinan terburuk, termasuk membagikan masker dan mengevakuasi warga, jika terjadi letusan hebat.

BPMPD Minsel bersama dengan kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sudah beberapa kali melakukan simulasi terkait letusan gunung tersebut.

Beberapa waktu lalu dalam skenario dampak letusan gunung berapi yang dikeluarkan Kodim 1302 Minahasa digambarkan Kecamatan Amurang dan sekitarnya akan mendapat dampak luas. Di skenario ini digambarkan akan ada kerusakan transportasi, pelayanan pemerintah akan terganggu dan tidak Ada air bersih.

Waktu tanggap darurat selama 14 hari karena akan ada ribuan penduduk yang bakal mengungsi lantaran kehilangan tempat tinggal.
BPMPD mengapresiasi Polres Minsel dan TNI yang sigap menghadapi bencana. "Waktu bencana longsor dan banjir waktu lalu pihak polisi dan tentara selalu berada paling depan membantu masyarakat," kata Komaling.

Sejak meletus Minggu (18/1/2015), Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) masih menunjukkan aktifitasnya. Gunung berapi teraktif di Indonesia ini masih mengeluarkan material berupa gugusan awan hitam pekat.

Komaling menyampaikan, laporan pos pemantau pada pada Senin malam lalu Gunung Soputan sempat mengeluarkan lava pijar setinggi 500 meter. "Saat ini status Soputan masih pada Level Siaga Tiga," ujarnya. (dru)

Ikuti berita-berita terbaru di tribunmanado.co.id yang senantiasa menyajikan secara lengkap berita-berita nasional, olah raga maupun berita-berita Manado terkini.


Anda sedang membaca artikel tentang

Warga Minsel Siap Dievakuasi Jika Gunung Soputan 'Ngamuk'

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2015/01/warga-minsel-siap-dievakuasi-jika.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Warga Minsel Siap Dievakuasi Jika Gunung Soputan 'Ngamuk'

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Warga Minsel Siap Dievakuasi Jika Gunung Soputan 'Ngamuk'

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger