"Ayo Lepas Burungnya!" Ujar Gadis Manado Ini

Written By Unknown on Minggu, 25 Januari 2015 | 11.36

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Komunitas balap merpati mulai digemari warga. Di Jalan Ring Road dua dekat GKIC penghobi balap merpati menyalurkan hobi mereka.

Komunitas balap merpati melepaskan burung merpati dari jarak 100 meter dan melepaskan burung tersebut terbang menuju titik tujuan dengan umpan burung betina. Sontak kejadian ini memancing para penguna jalan yang melintas untuk menonton perlombaan tersebut, Jumat (24/1/2015).

Menurut seorang peserta lomba bernama Lukman (32), kegiatan ini sudah di mulai dari empat tahun yang lalu hanya kegiatan ini belum dikenal luas oleh warga kota Manado. "Torang punya kegiatan ini sebenarnya sudah lama, tapi banyak yang belum tahu. Kami pernah mengikuti beberapa perlombaan di Jakarta dan beberapa tempat lain dan juga pernah mendapat gelar juara satu," ujarnya.

Mengenai cara mereka untuk melatih burung punya trik tersendiri. "Kami punya trik khusus untuk membuat burung merpati jinak dan mudah di latih. Pertama diterbangkan dan di pancing dengan burung betina, kedua disemprotkan hormon yang memancing burung jantan untuk kawin dan ketiga adalah makanan, pemberian makanan sangat mempengaruhi kesehatan burung selain itu meningkatkan kepercayaan diri burung dalam pelatihan," jelasnya.

Untuk biaya operasional Lukman mengatakan mengeluarkan biaya sendiri. "Kan ini sudah menjadi hobi saya jadi seberapapun uang yang akan saya keluarkan dalam menyalurkan hobi ini tidak menjadi masalah,"ujarnya.

Mengenai jumlah peserta di kota manado sangat banyak, namun karena memiliki pekerjaan utama jadi sering kali tidak bisa hadir dalam ajang balapan burung merpati. "Komunitas kami cukup banyak sebab selain sudah lama di bentuk warga kota Manado juga punya banyak ternakan burung merpati, tapi sayang jarang dilatih," ujarnya.

"Kami melepas merpati dengan jarak beberapa meter tergantung fokus lihat dan pendengaran si burung, sebab jika lagi berangin atau jarak pandang berkurang, burungya akan lari dan tersesat tidak tahu mau ke mana. Untuk saat ini jarak yang kami gunakan 40 meter sampai 100 meter, burung yang kami lombakan adalah pejantan yang sehat tidak cedera dan tidak sakit,"jelasnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

"Ayo Lepas Burungnya!" Ujar Gadis Manado Ini

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2015/01/lepas-burungnya-ujar-gadis-manado-ini.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

"Ayo Lepas Burungnya!" Ujar Gadis Manado Ini

namun jangan lupa untuk meletakkan link

"Ayo Lepas Burungnya!" Ujar Gadis Manado Ini

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger