Keseringan Pakai High Heels Bikin Cepat Tua?

Written By Unknown on Sabtu, 17 Januari 2015 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID - Wajib rasanya bagi seorang wanita untuk memiliki sepasang sepatu tumit tinggi atau high heels. Selain mempercantik penampilan, mengenakan sepatu tumit tinggi juga membuat seorang wanita merasa lebih percaya diri. Akan tetapi, tidak sedikit pula risiko yang ditimbulkan dari mengenakan sepatu ini.

Jika sepatu yang dikenakan terlalu tinggi, Anda bisa merasa tidak nyaman hingga terjatuh. Selain itu, sebuah studi terbaru yang dilakukan di Stanford University, Amerika Serikat menyatakan, mengenakan sepatu tumit tinggi dapat mempercepat penuaan hingga 20 tahun.

Untuk meneliti, para ahli mengukur bagaimana seorang wanita dengan fisik yang sehat berjalan sambil mengenakan sepatu dengan tinggi hak yang berbeda-beda. Responden wanita diminta mengenakan sepatu kasual sneakers yang rata, sepatu bertumit tinggi 1,5 inci, dan 3,25 inci atau sekitar 4 cm dan 8 cm.

Selain itu, para responden wanita juga diminta berjalan dengan dan tanpa mengenakan rompi seberat 20 persen dari berat tubuh mereka. Kemudian, para peneliti mengamati gerak tumit para responden ketika mereka berjalan dan berdiri.

Hasil dari studi yang dipublikasikan pada Journal of Orthopaedic Research ini dapat dikatakan cukup mengejutkan, khususnya bagi para wanita pecinta sepatu tumit super tinggi atau stiletto heels. Sebab, ketika Anda berjalan dengan mengenakan sepatu tumit tinggi, tumit bisa dengan mudahnya bergeser hingga berubah bentuk. Apalagi saat kaki Anda menyentuh lantai atau tanah.

Kondisi ini juga membuat lutut Anda tegang dan kaku, sehingga cara berjalan Anda menjadi seperti manula atau wanita yang menderita arthritis. Akan lebih buruk apabila Anda cenderung memiliki kelebihan berat badan, sebab tubuh Anda lebih menekan persendian. Lutut yang tegang dan kaku akan menciptakan beragam masalah saat Anda berjalan.

"Pemakaian sepatu tumit tinggi khususnya bila dikombinasikan dengan berat badan yang berlebih dapat menyebabkan peningkatan risiko dalam tubuh seorang wanita," tulis para peneliti.

Oleh karena itu, tidak ada masalah mengenakan sepatu tumit tinggi untuk menghadiri acara-acara tertentu, khususnya acara yang bersifat formal sesekali sajaAkan lebih baik jika tidak terlalu sering mengenakan sepatu jenis ini. Anda pun bisa menyiasatinya dengan frekuensi yang bergantian untuk mengenakan sepatu lebih rata.

Ikuti berita-berita terbaru di tribunmanado.co.id yang senantiasa menyajikan secara lengkap berita-berita nasional, olah raga maupun berita-berita Manado terkini.


Anda sedang membaca artikel tentang

Keseringan Pakai High Heels Bikin Cepat Tua?

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2015/01/keseringan-pakai-high-heels-bikin-cepat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Keseringan Pakai High Heels Bikin Cepat Tua?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Keseringan Pakai High Heels Bikin Cepat Tua?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger