Umat Islam Manado Padati Makam Usai Salat Ied

Written By Unknown on Minggu, 05 Oktober 2014 | 11.35


Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah


TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Seusai melaksanakan salat Id umat Islam di Manado mendatangi Tempat Pemakaman Umum (TPU) untuk berziarah, mendoakan sanak saudaranya yang telah meninggal dunia.

Seperti yang terlihat di TPU Banjer Kecamatan Tikala. Bersama keluarga berkumpul di makam-makam untuk membacakan ayat Alquran yang pahalanya ditunjukan kepada arwah sanak saudaranya meninggal dunia. "Saya mendoakan almarhumah ibu saya, biar mereka bisa beristirahat dengan tenang di sisiNya," ujar Dewi satu di antara peziarah, Minggu (5/10/2014).

Dewi mengungkapkan kegiatan ziarah ke makam rutin dilakukannya, untuk mendoakan arwah almarhumah ibunya. Namun tidak hanya Idul Adha saja, melainkan juga pada saat Idul Fitri. "Setiap bulan juga saya datang untuk berziarah," katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan Fitri warga lainnya pada saat datang ke makam keluarganya, tidak semata-mata untuk mendoakan yang telah meninggal dunia dengan membaca Surat Yasin maupun yang lainnya, tapi juga untuk membersihkan makam dari rumput-rumput liar. "Sebab untuk mendoakan keluarga yang meninggal dunia tidak musti harus ke makam, sehabis salat juga bisa melakukannya," tuturnya.

Biasa saat datang bersama keluarga membawa bunga dan air untuk kemudian didoakan. Setelah itu bunganya ditaburkan di sekitar makam, begitu pula airnya disiramkan pada makam.

Selain itu, dengan berziarah kubur menurutnya semakin mengingatkan kepadanya, kehidupan di dunia saat ini hanya sementara. Kekekalan berada di akhirat nanti. "Untuk itu Allah SWT selalu menganjurkan agar umat muslim melakukan ziarah kubur, untuk mengingatkan agar kehidupan di dunia hanya sesaat saja. Dengan demikian kita diharapkan semakin mempertebal iman dengan beribadah," ungkapnya.

Ziarah ke makam juga dimanfaatkan oleh umat muslim di Manado untuk bersilaturahmi satu dengan yang lainnya. Seusai berdoa, mereka biasanya asyik bersalam-salaman kemudian bercakap-cakap menanyakan kabar satu dengan lainnya.

Setiap ada makam yang baru, biasanya mereka juga memperbincangkan siapa yang telah meninggal dunia, kemudian saling mencari tahu kenapa ia meninggal dunia, kemudian berlanjut membicarakan kebaikan orang yang telah meninggal dunia tersebut. (erv)


Anda sedang membaca artikel tentang

Umat Islam Manado Padati Makam Usai Salat Ied

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/10/umat-islam-manado-padati-makam-usai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Umat Islam Manado Padati Makam Usai Salat Ied

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Umat Islam Manado Padati Makam Usai Salat Ied

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger