Ini Daftarnya, 30 Calon Miliarder Manado Promosi Gagasan

Written By Unknown on Rabu, 15 Oktober 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Apa yang bisa dihasilkan dari ubi kayu? Oleh Denny Mondong tanaman umbi-umbian yang selama ini hanya dinikmati akar dan daunnya untuk konsumsi perut itu dapat menjadi energi baru.

Denny menjadi satu dari 30 peserta "Berani Menjadi Miliarder" yang lolos ke tahap selanjutnya. Kegiatan yang digagas Metro TV dan Bank Bukopin tersebut selama dua hari, sejak Senin (13/10), mencari para pengusaha yang ingin mengembangkan usahanya lebih maju dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Selain bio energi ubi kayu ala Denny, ada juga usaha lainnya yang selama ini masih belum terdengar. Misalnya, usaha pengelola acara atau event organizer (EO) kedukaan yang digagas Dine Rugian. Ada juga usaha lukisan aroma terapi yang ingin dikembangkan Ridel Kawung. Ario Jatmiko, peserta lainnya, ingin mengembangkan usaha tahu isi cakalang. Selain itu, ada juga usaha minyak goreng tradisional ala Malik Badu.

Sebanyak 30 peserta yang lolos pada Rabu (15/10) hari ini akan mempresentasikan jenis usaha masing-masing di depan tim juri. Daniel Komaling, pengusaha muda di bidang jasa printing mengaku akan mempersiapkan diri untuk presentasi materi di depan juri.

"Malam ini saya persiapkan diri supaya besok (hari ini) bisa menjelaskan dengan baik. Semoga bisa lolos sampai tahapan berikutnya," kata dia kepada Tribun Manado pada kegiatan seminar di aula Fakultas Ekonomi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Selasa (14/10/2014).

Seminar tersebut juga dihadiri para mahasiswa dan dosen Fekon Unsrat. Seminar yang diselenggarakan oleh Metro TV, Bosowa, dan Bank Bukopin tersebut menghadirkan para pembicara, Pemimpin Bank Bukopin Cabang Manado A Iwan Ch, Dosen Fakultas Ekonomi Unsrat Frederik Gara, Kepala UPTD Balai Diklat Koperasi dan UKM Sulut Viktor, dan Ibrahim selaku pengusaha ikan tuna dari Kotamobagu.

Mereka bergantian memberikan materi terkait masalah usaha, bagaimana mengembangkan usaha, mendapatkan modal, pengalaman menjadi sukses, serta hal-hal lain untuk meraih sukses.

Viktor mengatakan, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat menumbuhkan wirausaha di Sulut. Kegiatan tersebut juga bukan mimpi melainkan bisa menjadi kenyataan.
"Untuk berusaha harus didukung dengan keberanian untuk memulai. Kegiatan ini sebagai bentuk pembenihan terhadap wirausaha, bahkan akan mendapatkan pembenihan," kata dia.

Ia menambahkan, pemerintah juga akan mengambil nama-nama pengusaha yang mengikuti program BJM ini untuk kemudian ditindaklanjuti, berupa pemberian bantuan, dan motivasi untuk terus bertahan dan berkreasi.

Iwan Ch menyebut antusias warga Sulut, termasuk mahasiswa, sangat membanggakan. "Di Sulut ini pesertanya paling banyak, dan banyak juga jenis usahanya," jelasnya.
Melalui kegiatan ini, menurutnya, bisa memicu munculnya pengusaha baru. "Ini juga mengubah mindset mahasiswa bahwa saat ini tidak sekadar mencari kerja tapi menciptakan lapangan," kata dia.

Selain itu, progran tersebut mengajak masyarakat lebih mengenal bank sehingga bisa mendapatkan financial inclusion.
Claudio Kereh, mahasiswa yang ikut seminar mengaku mendapatkan pengetahuan bahkan ingin membuat usaha sendiri.

"Wah, banyak sekali yang saya dapatkan, terutama pengalaman Pak Ibrahim, sangat menarik. Saya mau nanti jadi pengusaha juga," kata dia.
Seusai seminar para mahasiswa yang ikut diberikan sertifikat oleh Metro TV. Selain itu langsung diumumkan juga 30 pengusaha terpilih untuk mempresentasikan jenis usahanya pada tahapan selanjutnya.

"Tahapan presentasi untuk mendapatkan sepuluh pengusaha. Presentasi dilakukan di depan juri yang sudah disiapkan," jelas Reno Permana, Produser Metro TV Berani Jadi Miliarder.

Berikut Daftar 30 Pengusaha yang Lolos

1 Ivanry Matu - mobile tech asap cair
2 Denny Mondong - bio energi ubi kayu
3 Jan Mongula - bio energi
4 Dine Rugian - EO acara duka
5 Hardi Yoyanto - coto Makassar daeng
6 Hans Musak - perikanan tangkap dan ekspor
7 Faisal Salim - sate kambing Bang Toyib
8 Lientje Mamahit - minuman herbal
9 Laurentius Rumokoy - pakan ternak
10 Ridel Kawung - lukisan aroma terapi
11 Samuel Tooy - travel
12 Daniel Komaling - printing
13 Fernando Pakpahan - jual beli mobil bekas
14 Alter Mangindaan - suvenir kerajinan tangan
15 Rahmat Massi - budidaya mangroove
16 Udi Abraham - EO
17 Reidi Sumual - tailor dan bordir
18 Ario Jatmiko - tahu isi cakalang
19 Raldy Kumaat - cupcake
20 Malik Badu - minyak goreng tradisional
21 Junita Kurusi - konveksi
22 Alexander Sepang - budidaya lobster air tawar
23 Dewi Anthonie - mini scrapbook
24 Jolfi Ngantung - peternakan ayam dan babi
25 Jestry Sambelay - kentang goreng
26 Sisko Kondoy - service dan produce furniture
27 Jasman - mebel kayu jati
28 Givan Gogani - tahu isi
29 Andre Mandolang - kuliner Hawaii coconut
30 Altin Salimuka - martabak unyil unyu-unyu

(alpen martinus)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Daftarnya, 30 Calon Miliarder Manado Promosi Gagasan

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/10/ini-daftarnya-30-calon-miliarder-manado.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Daftarnya, 30 Calon Miliarder Manado Promosi Gagasan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Daftarnya, 30 Calon Miliarder Manado Promosi Gagasan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger