Siapkah Jokowi Tampil di Pentas Dunia?

Written By Unknown on Jumat, 08 Agustus 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Sejumlah pertemuan puncak tingkat dunia telah menanti Presiden terpilih Joko "Jokowi" Widodo setelah dilantik pada 20 Oktober mendatang.

Pertemuan puncak itu, di antaranya, KTT ASEAN ke-25, KTT Asia Timur ke-9, KTT ASEAN dengan mitranya seperti Jepang, China, Korea, India, Australia, Amerika Serikat, Perserikatan Bangsa-Bangsa. Pertemuan ini akan berlangsung di Nay Pyi Taw, Myanmar pada 9-11 November 2011.

Selanjutnya, ada KTT APEC ke-26 di Beijing, Tiongkok pada 10-11 November 2014, dan KTT G20 di Brisbane, Australia, pada 15-16 November 2014.

"Selama ini, peran Indonesia penting dan juga diakui oleh dunia. Jadi, Oktober, presiden baru kita menyampaikan sumpahnya, satu bulan kemudian harus terjun dalam kancah percaturan global," kata Presiden dalam rekaman video yang diunggah di YouTube, Kamis (7/8/2014) malam.

Siapkah Jokowi berkontribusi di pertemuan puncak tersebut?

Pengamat politik luar negeri Rizal Sukma mengatakan, Jokowi tidak akan memiliki kendala untuk tampil di kancah internasional. Terlebih, sejumlah persiapan telah dilakukan untuk menghadapi pertemuan puncak tersebut.

"Pak Jokowi memahami arti penting pertemuan-pertemuan puncak itu bagi Indonesia dan kawasan," kata Rizal di Jakarta, Jumat (8/8/2014).

Ia juga menilai Jokowi memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

"Lihat saja bagaimana Pak Jokowi dengan cepat membangun komunikasi akrab, lancar dan produktif dengan pemimpin dunia yang menelpon beliau pasca-penetapan KPU," katanya.

Hal senada disampaikan Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Hubungan Internasional Andreas Hugo Pareira.

"Presiden boleh berganti, tetapi pemerintah yang mewakili dan mencerminkan kehadiran negara di semua aspek kehidupan bernegara harus tetap berjalan. Untuk itulah pentingnya Rumah Transisi yang sedang mempersiapkan proses peralihan pemerintahan ini," katanya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Siapkah Jokowi Tampil di Pentas Dunia?

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/08/siapkah-jokowi-tampil-di-pentas-dunia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Siapkah Jokowi Tampil di Pentas Dunia?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Siapkah Jokowi Tampil di Pentas Dunia?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger