Dua Pulau Disinggahi Peserta Jelajah

Written By Unknown on Minggu, 24 Agustus 2014 | 11.36

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Menyeberang dari Marisa ke Ampana menggunakan Kapal Feri Cengkih Afo harus singgah di dua pulau untuk mengangkut dan menurunkan penumpang dan barang di dua pulau tersebut, yaitu di Pulau Dolong dan Pasokan Kecamatan Walea Kepulauan Kabupaten Tojo Una-Una Sulawesi Tengah (Sulteng).

Saat pemberhentian selama satu jam di Pulau Dolong yang dihuni 220 Kepala Keluaga (KK), perjalanan Kapal Cengkih Afo berhenti di dua pulau, yaitu di Pulau Dolong dan Pasokan Kecamatan Walea Kepulauan Kabupaten Tojo Una-Una Sulawesi Tengah (Sulteng).

Beberapa peserta Kompas Jelajah Sepeda Manado-Makassar turun dari kapal untuk berinteraksi dengan warga sekitar menanyakan potensi yang terdapat pulau tersebut.

"Hasil apa yang biasanya di jual di pulau ini bu?" tanya satu di antara peserta, Minggu (24/8/2014).

Ani Katili (38) warga setempat menceritakan di Pulau Dolong hasil alam yang biasa dijual adalah cengkih untuk diperdagangkan di Ampana. "Saat ini lagi panen raya, namun harganya sedang turun hanya Rp 125.000 per kilogram," katanya.

Biasanya kalau sedang mahal harga cengkih bisa mencapai 140.000 per kilogram. Namun ia mengaku tidak tahu kenapa harga cengkih saat ini turun.

Biasanya warga menjual cengkih ke Ampana dengan menggunakan Feri Cengkih Afo yang berlayar selama dua kali dalam seminggu, yaitu Rabu dan Sabtu. Kalau tidak ada Feri bisa juga menggunakan kapal rakyat seminggu tiga kali Senin, selasa dan Kamis. "Naik kapal feri dan kapal rakyat sebesar Rp 65.000," ungkapnya.

Kemudian setelah menjual cengkih, di Ampana warga Pulau Dolong membeli berbagai keperluan hidup sehari-seperti seperti sayuran, makanan dan pakaian.

Selain bertanya kepada warga, para peserta juga asyik untuk berfoto mengabadikan momen dan objek yang dianggapnya menarik.

Di pulau Pasokan pun peserta Kompas Jelajah Sepeda melakukan berbagai kegiatan yang dianggapnya menarik untuk menghilangkan kepenatan selama penyeberangan, termasuk mengabadikan sunset yang tenggelam di Pulau Dolong.


Anda sedang membaca artikel tentang

Dua Pulau Disinggahi Peserta Jelajah

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/08/dua-pulau-disinggahi-peserta-jelajah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dua Pulau Disinggahi Peserta Jelajah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dua Pulau Disinggahi Peserta Jelajah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger