Berikan Pujian Kepada Anak

Written By Unknown on Minggu, 17 Agustus 2014 | 11.35

Edisi Minggu: Mom And Kids

Oleh Maickel Christian Karundeng

TRIBUNMANADO.CO.ID - Mengajarkan anak membagi waktu belajar, nonton televisi, dan bermain perlu diajarkan sejak dini walalupun belum sepenuhnya akan dituruti anak tersebut. Anak pada usia dini belum bisa dipaksakan untuk memiliki jadwal yang ketat bermain, nonton tv serta belajar, kata Ivonne Pingkan Umboh ketika bersua dengan Tribun Manado.

Dikatakan Ivon, nama akrabnya, karena usia masih dini maka anak harus punya waktu bermain yang cukup dan tentu saja dengan pengawasan orangtua sebagai ujung tombak mengajarkan dan mengarahkan buah kasih mereka bertumbuh serta berkembang secara sehat maupun pinter.

Ivon menceritakan pengalaman pribadinya sebagai orangtua bahwa anak pada usia dini seperti anaknya yang baru 23 bulan, belajar itu harus diselingi saat dia sedang bermain, atau saat dia nonton tv. "Misalnya saat bermain bola, bisa diajarkan bola ini warnanya biru. atau mobil ini ada dua, jadi sekaligus bisa mengajarkan anak pengenalan warna dan berhitung," ucap wanita kelahiran Tomohon 10 September 1982.

"Kadang ketika belanja dengan anak di supermarket, sata mengajarinya mengenal buah-buahan dan sayuran, jadi sekarang anak saya saat di supermarket sudah tahu mana semangka, jeruk, brokoli, wortel, kentang, pisang dan sebagainya," tutur ibunda Kirk Kenzo Keith Kotambunan.

Kata Ivon mengajar anak saat dini harus melihat situasi dan kondisi baik sedang nonton atau di supermarket dapat menyesuaikan dengan keadaan sehingga anak mudah diajak bermain sekaligus belajar sesuai dengan pengalamannya. "Metode yang saya lakukan bisa dikatakan berhasil sebab  sekarang dia sudah bisa mengenal huruf dan angka, yang mana kemampuan tersebut tergolong masih jarang untuk anak seusianya," ungkap wanita hobi membaca dam travelling.

Istri Miracle Andrew Kotambunan membagikan tipsnya bahwa anak sejak kecil harus diajarkan jadwal kegiatan rutin setiap hari, misalnya pukul 07.00 mandi, pukul 08.00 sarapan, pukul 09.00 boleh nonton tv, tapi tayangan khusus untuk anak-anak atau waktu bermain.

Bermain juga bisa diselingi dengan belajar, seperti bermain tebak gambar, supaya anak bisa mengenal gambar-gambar serta warna dan menghitung. "Jangan sampai lupa selalu berikan pujian dan penghargaan supaya anak bisa percaya diri serta membuatnya lebih kreatif," pungkasnya menutup pembicaraan. (*)

Biofile

Pekerjaan : Karyawan Swasta
Ttl : tomohon, 10 september 1982
Hobi : membaca, travelling
Nama suami : Miracle Andrew Kotambunan
Nama anak : Kirk Kenzo Keith Kotambunan


Anda sedang membaca artikel tentang

Berikan Pujian Kepada Anak

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/08/berikan-pujian-kepada-anak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Berikan Pujian Kepada Anak

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Berikan Pujian Kepada Anak

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger