5 Bahan Beracun yang Sering Dijumpai

Written By Unknown on Jumat, 08 Agustus 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID -Saat mendengar kata racun yang dapat membunuh, mungkin pikiran kita langsung tertuju pada bahan-bahan kimia. Namun ternyata racun dengan kadar yang bisa membunuh bisa kita jumpai di bahan-bahan di sekitar kita yang sering kita temukan sehari-hari.

Kemampuan membunuh racun diukur dari angka LD50 yang merupakan dosis dari senyawa racun yang dibutuhkan untuk membunuh setengah dari populasi. Semakin kecil LD50, artinya semakin besar kemungkinan sebuah racun untuk membunuh.

1. Racun Botulinum
Meskipun sebagian dari bakteri Botulinum dalam jumlah sangat kecil digunakan untuk industri kosmetik, termasuk pada botoks, keluarga dari racun botulinum juga mengandung senyawa yang bersifat toksik terhadap manusia. Nilai LD50 yang terdapat di dalamnya adalah sekitar 5 nanogram per kilogram. Dampak yang ditimbulkan oleh racun ini adalah kelumpuhan.

2. Racun ular
Seperti racun Botulinum, kebanyakan racun ular merupakan campuran dari banyak protein dengan nilai LD50 kurang dari 1 miligram per kilogram. Yang lebih berbahaya, racun ular seringkali menimbulkan dampak dengan cepat, beberapa sangat mematikan.

3. Arsenik
Arsenik memiliki nilai LD50 sekitar 13 mg/kg. Karena itu, arsenik diketahui sebagai salah satu bahan yang paling beracun. Keracunan arsenik biasanya berasal dari air tanah yang terkontaminasi.

4. Polonium-210
Nilai LD50 biasanya tidak cocok digunakan untuk senyawa ini. Pasalnya polonium-210 meracuni dari radiasi yang merusak biomolekul sensitif seperti DNA dan membunuh sel.

5. Merkuri
Toksisitas dari merkuri sangatlah rumit, tergantung dari jenis merkuri yang terlibat. Pasalnya senyawa merkuri organik dan anorganik memiliki dampak yang berbeda dengan nilai LD50 yang berbeda pula. Nilai LD50 dari merkuri biasanya berkisar antara 1 mg/kg hingga 100 mg/kg.


Anda sedang membaca artikel tentang

5 Bahan Beracun yang Sering Dijumpai

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/08/5-bahan-beracun-yang-sering-dijumpai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

5 Bahan Beracun yang Sering Dijumpai

namun jangan lupa untuk meletakkan link

5 Bahan Beracun yang Sering Dijumpai

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger