Apa Penyebab Anak Terlambat Bicara?

Written By Unknown on Minggu, 08 Juni 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kemampuan bicara dan berbahasa adalah hal yang penting untuk mendukung kecerdasan anak. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kemampuan krusial ini terganggu.

Walau pada banyak kasus anak terlambat bicara karena kurangnya stimulasi dari lingkungan di sekitarnya, namun ada beberapa gangguan medis yang juga berkontribusi pada tertinggalnya kemampuan bicara anak.

Anak terlambat bicara bisa disebabkan karena kelainan pada mulut anak (oral motor), seperti gangguan langit-langit mulut serta lidah terlalu pendek yang berbuntut pada terhambatnya gerakan lidah untuk menghasilkan kata.

Masalah oral-motor juga menyebabkan komunikasi di area otak yang bertugas menghasilkan kata-kata menjadi tidak efisien. Ini akan membuat anak kesulitan menggunakan dan mengoordinasikan bibir, lidah, dan rahang, untuk memproduksi bunyi kata-kata. Anak yang memiliki masalah oral-motor juga biasanya mengalami kesulitan makan.

Gangguan pendengaran seringkali jadi penyebab anak kesulitan berbicara. Karena itu saat melakukan pemeriksaan tumbuh kembang, biasanya ahli patologis bicara akan melakukan tes pendengaran terlebih dulu.

Gangguan tumbuh kembang secara umum, seperti autisme, retardasi mental, atau cerebral palsy juga bisa menyebabkan kemampuan anak berkomunikasi terganggu.

Konsultasikan pada dokter anak ahli tumbuh kembang agar bisa dilakukan tindakan yang tepat sehingga perkembangan kemampuan bicara anak dapat sesuai dengan perkembangan usianya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Apa Penyebab Anak Terlambat Bicara?

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/06/apa-penyebab-anak-terlambat-bicara.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Apa Penyebab Anak Terlambat Bicara?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Apa Penyebab Anak Terlambat Bicara?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger