Demokrat Bidik Sultan, Bagaimana Nasib Peserta Konvensi Capres?

Written By Unknown on Rabu, 14 Mei 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA — Di luar dugaan, Partai Demokrat justru melontarkan wacana baru terkait bakal calon presiden yang akan diusungnya. Sebelumnya, Partai Demokrat menyatakan akan menentukan langkah politik dalam Pemilu Presiden 2014 setelah pengumuman hasil Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat pada 15 Mei mendatang. Akan tetapi, nama yang muncul justru bukan peserta konvensi.

Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin mengatakan, partainya membidik politisi Partai Golkar Sri Sultan Hamengkubuwono X. Alasannya, berdasarkan survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI), elektabilitas Sultan dianggap mampu bersaing dengan dua kandidat capres lainnya, Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Lalu, bagaimana nasib peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat?

Amir mengatakan, jika wacana ini bersambut, maka Demokrat akan mengusung Sultan berpasangan dengan salah satu peserta konvensi. Siapa dia? Amir masih merahasiakannya. Yang jelas, kata dia, wacana ini dilontarkan Partai Demokrat untuk melihat respons partai politik yang belum menentukan arah koalisi. Demokrat menyadari, dengan perolehan suara di pemilu legislatif kemarin, mereka tak mungkin mengusung calon sendiri tanpa berkoalisi.

"Yang jelas, kalau lihat di sini, tidak ada maksud apa pun juga untuk mencoba mengganggu dua calon yang sudah ada. Saya kira ini untuk alternatif, bisa memberikan pilihan demokrasi yang lebih baik juga untuk bangsa," kata Amir.

Namun, jika wacana ini "tak laku", Demokrat memilih akan netral pada pemilu presiden Juli mendatang.

Sebelumnya, Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengatakan, Pramono Edhie Wibowo, mantan Kepala Staf Angkatan Darat yang juga adik ipar Presiden SBY, memiliki peluang berduet dengan Sultan. Komposisi duet sipil militer dianggap akan menjadi kekuatan duet pasangan itu.

Nama Sri Sultan masuk dalam pertimbangan Partai Demokrat setelah melihat hasil survei yang dilakukan LSI. Berdasarkan survei itu, sebut Amir, tingkat elektabilitas Jokowi sebesar 25-26 persen, sementara elektabilitas Prabowo Subianto sebesar 17-18 persen.


Anda sedang membaca artikel tentang

Demokrat Bidik Sultan, Bagaimana Nasib Peserta Konvensi Capres?

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/05/demokrat-bidik-sultan-bagaimana-nasib.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Demokrat Bidik Sultan, Bagaimana Nasib Peserta Konvensi Capres?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Demokrat Bidik Sultan, Bagaimana Nasib Peserta Konvensi Capres?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger