Bandar Arisan Sosialita Tugasnya Tagih Setoran

Written By Unknown on Rabu, 21 Mei 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Bandar arisan sosialita adalah posisi terpenting di setiap kelompok arisan kaum ibu superkaya. Tugas bandar ini bermacam-macam, mulai dari mengurus tempat arisan, mengirim undangan, dan yang terpenting adalah menagih uang setoran arisan.

Urusan menagih setoran arisan itu tak mudah karena tidak selalu lancar. Makanya, setiap bandar punya berbagai trik jitu untuk memudahkan tugasnya.

Joy Roesma dan Nadia Mulya menceritakan sepak terjang bandar arisan sosialita ini dalam bukunya berjudul 'KOCOK, the Untold Stories of Arisan Ladies and Socialites'.

Seperti Marisa Tumbuan, seorang master of ceremony (MC) di setiap acara brand ternama di Jakarta yang kini tengah menjajal usaha sepatunya bermerek Irrestible. Marisa juga istri dari disc jockey (DJ) Ai Tambunan.

Marisa kini menjadi bandar dua kelompok arisan. Urusan tagih-menagih uang setoran arisan ini ia lakukan melalui grup BlackBerry Messenger (BBM).

Satu minggu sebelum arisan jatuh tempo, Marisa sudah mulai menyapa di grup BBM. "Saya selalu menyapa dengan kata-kata mutiara yang manis," urai Marisa.

Selanjutnya, Marisa tinggal memainkan triknya. "Saya akan cantumkan nama anggota arisan yang sudah membayar. Otomatis yang belum membayar uang arisan jadi tidak enak hati karena ketahuan oleh anggota lainnya," kata Marisa.

Dengan trik ini, Marisa mengaku sekitar 90 persen peserta arisan sudah membayar sebelum arisan dimulai.

Peluncuran produk

Berbeda halnya dengan Renita Indriani, bandar kelompok arisan sosialita lainnya. Renita lebih memilih menagih peserta arisan satu per satu. Renita kini menjadi bandar tujuh kelompok arisan.

Artinya, setiap hari ada saja peserta arisan yang ditelepon atau dihubungi Renita. Kendati demikian, cara ini yang dinilai Renita paling fektif.

"Karakter orang kan berbeda-beda. Bisa saja ada yang tersinggung karena aib belum nyetor uang arisan ketahuan anggota lainnya," kata Renita.

Tak hanya itu, setiap menagih uang setoran arisan Renita selalu memulainya denga basa-basi. Misalnya, ia selalu membuka percakapan dengan panggilan yang begitu manis. Seperti "darling" atau "cyin".

"Untungnya saya senang bergaul. Sehingga dengan membandari tujuh arisan saya jadi kenal dekat dengan mereka dan jaringan pun semakin luas. Sehingga, kegiatan ini jadi tak terasa karena saya menyenanginya," tegas Renita.

Tapi, ternyata berkah datang sendiri dari kesukaannya jadi bandar kelompok arisan. Nama Renita jadi terkenal di level perusahaan. Dia dianggap mampu mengumpulkan massa. Sehingga order untuk mendatangkan massa saat ada peluncuran produk pun kerap datangan ke Renita. Saat itu pula dia kerap ketiban rezeki mendapat voucher dari brand ternama atau produk-produk kecantikan secara lengkap.

Baik Marisa maupun Renita sama-sama mengakui, walau peserta arisan berduit, tapi ada saja yang sulit mengeluarkan uang. Itulah yang jadi duka para bandar kelompok arisan.


Anda sedang membaca artikel tentang

Bandar Arisan Sosialita Tugasnya Tagih Setoran

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/05/bandar-arisan-sosialita-tugasnya-tagih.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bandar Arisan Sosialita Tugasnya Tagih Setoran

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bandar Arisan Sosialita Tugasnya Tagih Setoran

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger