Ayo Masuk Sekolah Impianmu

Written By Unknown on Minggu, 25 Mei 2014 | 11.35

Oleh Andrew Pattymahu

TRIBUNMANADO.CO.ID - Masuk ke sekolah impian menjadi dambaan bagi siswa yang menamatkan sekolah baik dari SD ke SMP maupun dari SMP ke SMA. Di Sulawesi Utara (Sulut) khususnya Kota Manado terdapat begitu banyak sekolah yang menjadi impian bagi siswa-siswi yang ingin melanjutkan sekolahnya.

Sekolah impian yang paling banyak diincar siswa yang lulus dari SMP yakni SMA Negeri 1 Manado. Sekolah yang beralamat di Jalan Pramuka Kecamatan Sario ini setiap tahunnya mencetak beragam prestasi dari siswa-siswinya.

Sekolah yang didirikan  tanggal 31 Oktober 1950 mengukir prestasi baik dari akademik maupun non akademik. Siswa-siswi berprestasi dari sekolah ini pun banyak menjadi utusan dalam lomba- lomba tingkat nasional.

Sejak tahun 2008, SMA Negeri 1 Manado telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional sebagai Sekolah Program PBKL (Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal). Keunggulan lokal yang dilaksanakan oleh SMA Negeri 1 Manado adalah bidang ICT dan Bahasa Inggris. SMA Negeri 1 Manado juga sebagai Sekolah Model Pembelajaran Bahasa Inggris sejak tahun 2005.

Adapun para siswa diwajibkan untuk memilih salah satu Bahasa Asing yang diminatinya dari 3 Bahasa Asing Pilihan, yaitu: Bahasa Jerman, Bahasa Prancis, dan Bahasa Jepang. Sejak tahun 2010, SMA Negeri 1 Manado telah melaksanakan kerjasama di bidang pendidikan dengan Kedutaan Besar Jerman dan Goethe Institut di Jakarta sebagai salah Sekolah Mitra Indonesia-Jerman (Schulen: Partner der Zukunft atau PASCH), di mana MoU-nya telah dilaksanakan pada bulan Juli 2010 yang disaksikan oleh Bapak Walikota Manado, Harley Mangindaan.

SMA Negeri 1 Manado adalah salah satu dari 28 sekolah di Indonesia yang dipilih oleh pemerintah Jerman untuk mengikuti program tersebut. Program Sekolah Mitra ini menyediakan wadah bagi para siswa di seluruh dunia untuk belajar Bahasa Jerman dan mendapatkan Sertifikat Bahasa Jerman dari jenjang A1, A2, hingga B1 (CEFR) agar dapat mengikuti program pertukaran pelajar ke negara tersebut.

Sekolah pilihan lainnya yakni SMK Negeri 1 Manado. Jika Anda yang ingin bekerja setelah lulus ada baiknya memantapkan pilihan untuk masuk ke sekolah ini. sekolah yang bertetangga langsung dengan SMU Negeri 1 Manado ini prestasinya diantaranya menjadi sekolah berwawasan lingkungan tingkat Manado.

Baru-baru ini sekolah ini membuka jurusan Seni Musik. Menurut kepala sekola (Kepsek) SMK Negeri 1 Manado Drs Daglan Wala-ngitan MPd dibukanya jurusan Seni Musik didasari pada upaya menunjang visi Manado Kota Model Ekowisata.

Dijelaskannya, untuk tahap pertama, jurusan Seni Musik hanya akan membuka satu rombongan belajar (rombel) dengan kapasitas 32-36 peserta didik yang nantinya akan memiliki  kompetensi keahlian musik. "Rencana ini baru usulan, dan akan kami sampaikan pada Pemerintah Kota melalui Dinas Pendidikan Kota Manado," ungkapnya baru-baru ini.

Selain SMA Negeri 1 Manado dan SMK Negeri 1 Manado, sekolah swasta yang menjadi impian para siswa SMP yakni SMU Don Bosco Manado, SMU Rex Mundi Manado, SMU Lokon Manado, SMU Advebt Klabat Manado dan lainnya.

Untuk sekolah menengah pertama, SMP Negeri 1 Manado tetap menjadi nomor satu di Sulut. Di sekolah ini terdapat 2 kelas terpopuler yakni kelas Akselerasi di SMP N 1 Manado yaitu kelas 7 ACI dan 9 ACI.

Saat ini sekolah tersebut dipimpin oleh Elisabeth Mononutu, S Pd,MPd. Visi SMP Negeri 1 Manado yakni Cerdas, Santun, Beriman dan mampu bersaing di era Global. Sekolah ini bertekad untuk erciptanya lulusan yang memiliki kompetensi bertaraf internasional.

Selain sekolah negeri seperti SMP Negeri 1 Manado, sekolah swasta juga menjadi incara para orangtua siswa untuk menyekolahkan anaknya, misalkan SMP Katolik Pax Christi Manado. Sekolah ini dikenal karena kedisiplinan yang diterapkan guru kepada para siswanya.

Tentu saja selain sekolah-sekolah yang disebutkan di atas tadi, banyak sekolah SMP dan SMU yang menjadi impian para siswa untuk melanjutkan studinya. Yang terpenting mutu pendidikan dari setiap sekolah harus tetap yang utama agar mengahasilkan lulusan-lulusan yang kaya pengetahuan dan berbudi pekerti yang baik. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ayo Masuk Sekolah Impianmu

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/05/ayo-masuk-sekolah-impianmu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ayo Masuk Sekolah Impianmu

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ayo Masuk Sekolah Impianmu

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger