Setahun, Jalan Tutuyan ke Nuangan Amblas Separuh

Written By Unknown on Minggu, 02 Februari 2014 | 11.35

Laporan wartawan Tribun Manado Aldi Ponge

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN  ‑ Ruas jalan nasional penghubung Kecamatan Tutuyan‑Nuangan yang berada di Desa Motongkat nyaris putus karena longsor yang menggerus sebagian besar badan jalan. Sudah hampir setahun kondisi jalan seperti itu, namun tak kunjung diperbaiki.

Naim Mamonto, Warga Motongkad, menyoroti kondisi jalan yang membahayakan para pengendara yang lewat. Padahal peristiwa longsor tersebut sudah terjadi hampir setahun. Namun tak kunjung diperbaiki Balai Jalan Nasional.

"Sudah lama jalan ini seperti ini, tapi belum ada tanda‑tanda akan diperbaiki, padahal setiap hari, kendaraan yang lewat di jalan ini cukup banyak," kata Naim, akhir pekan ini.

Kondisi ini sangat berbahaya, sebab sebagian jalan sudah amblas karena longsor. Menurutnya, kalau tidak segera diperbaiki diperkirakan jalan tersebut akan putus.
"Kalau tidak diperbaiki dalam waktu dekat akan longsor lagi dan akan putus jalan ini," katanya.

Senada dengannya, Refly Mokoagow, mengeluhkan hal tersebut, Katanya, pemda harus segera mengusulkan ke Pemerintah Pusat untuk memperbaiki jalan tersebut sebelum putus. Sebab jalan tersebut adalah jalan utama menuju ibukota Kabupaten yang digunakan banyak orang, baik warga Boltim maupun warga yang dari Kotamobagu. 
"Jangan sudah ada korban jiwa, baru akan diperbaiki. Jadi Pemda Boltim dan Pemprov Sulut sebagai penanggung jawab jalan tersebut harus berkoordinasi untuk mencari solusinya," kata Refly.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Boltim Minderd Mawu mengatakan, perbaikan jalan tersebut adalah tanggung jawab pemerintah provinsi (pemprov). Pihaknya, tidak bisa mengambil alih.

"Sebetulnya kita berinisiatif untuk memperbaikinya, tetapi akan salah kalau pemda mengambil alih kewenangan pemprov, karena itu jalan nasional," terang Minderd.

Pihaknya sudah berulang kali berkoordinasi dengan Balai Jalan Nasional di Manado terkait perbaikan jalan tersebut. "Mereka masih menunggu anggaran bencana yang sudah diajukan ke Pemerintah Pusat. Memang jalan itu masuk dalam kategori bencana alam," jelasnya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Setahun, Jalan Tutuyan ke Nuangan Amblas Separuh

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/02/setahun-jalan-tutuyan-ke-nuangan-amblas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Setahun, Jalan Tutuyan ke Nuangan Amblas Separuh

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Setahun, Jalan Tutuyan ke Nuangan Amblas Separuh

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger