Mahalnya Harga BBM Eceran, Gaji Bisa Habis untuk Beli Bensin

Written By Unknown on Rabu, 29 Januari 2014 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID - SPBU bukan lagi satu-satunya tempat untuk mengisi bensin di kendaraan. Sejak beberapa tahun terakhir, penjualan bensin eceran marak terjadi di semua daerah. Soal harga tentu saja berbeda dengan harga di SPBU, harga di penjual eceran lebih mahal.

Semenjak kenaikan BBM tahun lalu, uang Herman terkuras habis untuk beli  bensin. Untuk dua botol bensin  di pedagang eceran, ia musti mengeluarkan uang sebesar Rp 16 ribu. "Setiap botol dijual Rp 8 ribu , padahal sebelumnya hanya Rp 6 ribu," katanya.

Herman, warga Desa Matungkas Kecamatan Dimembe yang bekerja di Manado ini menilai harga yang dipatok para penjual "pertamini" cukup tinggi. Namun seperti warga di Kecamatan Dimembe lainnya, ia tak punya pilihan selain membeli bensin di eceran. "Ya mau apa lagi, soalnya disini tak ada pom bensin," ujar Herman.

Menurut Herman, pom bensin terdekat berada di airmadidi, sedang jarak antara tempat tinggalnya dan Airmadidi cukup jauh. "Cukup jauh, untuk itu saya terpaksa beli pertamini (sebutan untuk penjual bensin eceran), meski harganya cukup mahal," katanya.

Meski menerima keputusan pemerintah, Herman berharap ada solusi bagi rakyat, salah satunya dengan pembangunan SPBU di wilayahnya. "Jika ada SPBU, tentu kami akan beli di sana hingga hanya membayar Rp 6 ribu ," tuturnya.

Herman menyebut SPBU bisa didirikan di sekitar Polsek Dimembe. "Jika dibangun di situ, warga bisa datang dari sini, talawaan serta likupang," tuturnya.

Ketergantungan warga dengan pertamini membuat mereka bagai memakan buah simalakama, ketika harga pertamini menjadi Rp  8 ribu. Antara mengisi bensin  di pertamini atau mencarinya di tempat jauh dengan harga murah, warga memilih yang pertama. "Terpaksa kami isi pertamini meski harganya mahal," kata Ronald warga Lumpias.

Untuk lepas dari kondisi itu, Ronald sangat berharap pemerintah dapat membangun SPBU di wilayahnya. "Harus ada SPBU, jika kondisi terus begini, maka gaji kami akan habis hanya dengan membayar pertamini," tuturnya.

Tidak adanya SPBU, bukan hanya di Kecamatan Dimembe saja. Tapi juga di tiga kecamatan di Likupang yaitu barat, timur dan selatan. Selama ini, ribuan warga yang tersebar di ratusan desa memakai `pertamini" sebagai asupan kendaraan milik mereka. Tak heran bila pertamini marak di sepanjang jalan raya Sukur - Likupang. Di kiri kanan jalan, tampak kios pertamini yang khas dengan deretan botol di atas sebuah tempat berbahan kayu.

Antara pertamini satu dengan yang lain berjarak dekat, bahkan ada yang hanya berjarak beberapa meter saja. Beda dengan di tempat lain, penjual pertamini di tempat ini cukup adil  dengan mengisi penuh botol minuman bersoda berukuran 1 liter. "Ya kini sudah Rp 8 ribu, "kata seorang ibu sebut saja Asni, penjual pertamini di sebuah desa di kecamatan dimembe.

Kata Asni, meski harga berubah namun pengunjung pertamininya tetap seperti semula. Yang datang umumnya pengendara motor, meski ada satu dua kendaraan pribadi yang singgah di pertamininya. "Kebanyakan kendaraan bermotor," tuturnya.

Dua kali sehari, dirinya mengambil "jatah" di pom bensin. Caranya dengan memakai motor besar, yang bolak - balik masuk SPBU. Meski telah menaikkan harga Rp 2 ribu, namun keuntungannya tak bertambah.  "Tetap saja, kan barang - barang serta biaya angkot juga naik," tuturnya.

Bupati Minut Sompie Singal merespon keluhan warga dengan menyatakan akan membangun SPBU sebanyak lima buah di Minut. "Akan dibangun di talawaan, likupang, kema dan beberapa tempat lain," tuturnya.

Sompie menyatakan, SPBU di Minut saat ini baru tiga buah. Jumlah tersebut dirasa tidak sesuai lagi dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi dan penduduk warga Minut. Lanjutnya lagi, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pertamina terkait rencana tersebut. "Itu akan kami koordinasikan dengan pertamina," katanya. (arthur rompis)


Anda sedang membaca artikel tentang

Mahalnya Harga BBM Eceran, Gaji Bisa Habis untuk Beli Bensin

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2014/01/mahalnya-harga-bbm-eceran-gaji-bisa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mahalnya Harga BBM Eceran, Gaji Bisa Habis untuk Beli Bensin

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mahalnya Harga BBM Eceran, Gaji Bisa Habis untuk Beli Bensin

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger