Rp 4 Miliar untuk Makan dan Minum

Written By Unknown on Sabtu, 12 Oktober 2013 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO -   Di balik suksesnya pelaksanaan pemilihan Pelsus GMIM yang bergulir empat tahun sekali,  tak sedikit dana jemaat yang bergulir pada hari pemilihan, Jumat (11/10/2013). Kendati tak terlalu kentara, proses ini menangguk dana kas jemaat tak sedikit.  Perhitungan ini diambil dari biaya konsumsi jemaat di acara pemilihan.

Hitung-hitungannya, misalnya satu kolom dengan jumlah sidi jemaat 30 orang (rata- rata) butuh biaya Rp 200 ribu untuk konsumsi. Dana yang biasanya diambil dari kas kolom ini untuk beli kue atau penganan kecil, kopi, teh atau air mineral.  Angka minimal Rp 200 ribu jika dikalikan 19.900 (jumlah kolom se-GMIM), diperoleh angka Rp 3.980.000.000. Luar biasa besar! Angka tersebut dipastikan jauh di bawah realisasi dana sesungguhnya.

Sebab, bukan sedikit jemaat atau kolom yang beri jamuan lebih. Ada yang siapkan katering, belanja khusus laiknya pesta syukuran ulang tahun atau menyediakan mie kuah dan tinutuan. Tentu dananya lebih dari Rp 200 ribu.  Dari hitungan kasar, dana jemaat se-GMIM yang berputar karena proses pemilihan kemarin dipastikan tak kurang dari Rp 4 miliar.

Sekretaris Komisi Wanita Kaum/Ibu (W/KI) GMIM, Ir Miky Junita Lwenur  mengatakan, pengadaan konsumsi bukan keharusan. "Tapi itu sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari persekutuan warga gereja sebagai wujud ungkapan syukur," katanya, Jumat (11/10/2013). Tata Gereja maupun Juklak Pemilihan Pelsus sama sekali tak mengatur adanya konsumsi.

"Apalagi budaya Minahasa identik dengan makan dan minum bersama," katanya seraya menambahkan, makan minum dalam proses pemilihan membuktikan warga GMIM diberkati. (ndo)


Anda sedang membaca artikel tentang

Rp 4 Miliar untuk Makan dan Minum

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/10/rp-4-miliar-untuk-makan-dan-minum.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rp 4 Miliar untuk Makan dan Minum

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rp 4 Miliar untuk Makan dan Minum

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger