Perekaman e-KTP di Sulut Belum Rampung

Written By Unknown on Minggu, 27 Oktober 2013 | 11.35

Laporan Wartawan Tribun Manado, Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID,  MANADO -  Pemerintah kota/Kabupaten di Sulut diimbau segera menuntaskan perekaman data elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP).

Demikian disampaikan Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Noudy Tendean, di Kantor Gubernur, Jumat (25/10).

Kata dia, waktu perekaman e-KTP tinggal 2 bulan lebih sampai 31 Desember 2013 mendatang,

"Sebab itu dimintakan seluruh pemerintah kabupaten/kota, terutama yang masih sementara melakukan perekaman terus berupaya menyelesaikan," katanya.

Kalau perlu menurut Tendean, petugas di daerah di kerahkan mulai dari dinas dukcapil, camat, operator, kepala desa, dan lurah.

Idealnya, lanjut Tendean bagi daerah yang perekaman e-KTP hampir selesai, bisa dilanjutkan ke penduduk di bawah 17 tahun.

Sekedar informasi perekaman data e-ktp meliputi perekaman sidik jari, iris mata dan pas foto.

Menyangkut waktu  pelayanan harian perekaman e-KTP, diharapkan bisa ditambah. Selain itu bagi warga berdomisili di daerah pelosok, kepulauan dan yang alami sakit atau berstatus lansia, disarankan Tendean bisa dilayani dengan menggunakan mobile e-KTP.

"Jika masih ada penduduk wajib KTP belum melakukan perekaman, maka yang bersangkutan tidak akan mendapat e-KTP.  Tahun 2014 yang bersangkutan tidak memiliki identitas karena KTP non elektronik tidak berlaku lagi,  maka yang rugi adalah masyarakat itu sendiri," katanya.

Lanjutnya, kerugiannya bukan hanya tak memiliki kartu identitas, hak menyalurkan suara pada Pemilu Tahun depan tak bisa dilakukan, karena nantinya tidak tercatat dalam daftar pemilih tetap dan daftar pemilih khusus.

Imbauan ini merupakan tindak lanjut dari edaran Mendagri No.471.13/3938/SJ Tanggal 25 Juli 2013 Perihal percepatan dan pengembangan perekaman e-KTP.


Anda sedang membaca artikel tentang

Perekaman e-KTP di Sulut Belum Rampung

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/10/perekaman-e-ktp-di-sulut-belum-rampung.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Perekaman e-KTP di Sulut Belum Rampung

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Perekaman e-KTP di Sulut Belum Rampung

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger