Pembagian Daging Kurban yang Makan Korban di Istiqlal

Written By Unknown on Kamis, 17 Oktober 2013 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Pembagian daging kurban yang digelar di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat Rabu (16/10) kemarin menelan satu korban jiwa. Satu orang tewas saat tengah antre untuk mendapatkan daging kurban seberat 1 kg.

Korban tewas itu bernama Sukiyo (74), warga RT 03 RW 08, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Korban sudah lama mengantre sejak pukul 03.00 WIB bersama ribuan warga lainnya.

Padahal, pembagian daging kurban baru dimulai pukul 05.00 WIB. Namun sejak dini hari itu warga sudah berjubel dan mendatangi Masjid Istiqlal.

Sukiyo yang fisiknya tak kuat lagi akhirnya jatuh. Ia diketahui juga menderita darah tinggi dan pernah stroke ringan.

Menurut Kabag Ops Polres Jakarta Pusat Apollo Sinambela, tewasnya Sukiyo bukan karena terinjak-injak atau desak-desakan. Ia menjelaskan, dalam antrean laki-laki justru tertib.

"Kenyataannya barisan laki-laki lebih tertib, tapi perempuan berdesak-desakan. Sehingga kami lebih banyak yang mengamankan di barisan perempuan," ujarnya.

Untuk sistem keamanan pun sudah dipersiapkan. Sebanyak 6.000 personel kepolisian gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Jakpus dan Polsek Sawah Besar disiagakan. Karena banyaknya warga yang datang, polisi sempat kewalahan.

Dalam peristiwa ini, tidak hanya menelan korban tewas. Sebanyak delapan orang juga pingsan. Mereka yang pingsan ini langsung dilarikan ke IGD RSCM. Kebanyakan korban pingsan adalah wanita yang sudah lanjut usia.

Tahun ini, panitia kurban Istiqlal hanya menyediakan 6.000 kupon untuk warga. Kupon ini nantinya ditukar dengan 1 kg daging kurban.

"Jumlah kita targetkan 3.000 laki-laki 3.000 perempuan. Jadi ada 6.000 kupon dengan berat per bungkusnya masing-masing 1 kg. Tentu itu bergantung pada jumlah hewan yang diamanahkan kepada kami," kata Ketua Badan Pengelola Hewan Kurban Masjid Istiqlal, Mubarok.

Sistemnya, bagi yang sudah mendapatkan daging jarinya akan diberi tinta, seperti yang dilakukan pada pemilu. Dengan demikian, warga tidak bisa kembali mengantre.

Meski dari segi pengamanan dan sistemnya sudah disiapkan, pembagian daging kurban di Istiqlal kenyataannya masih menelan korban.

Agar peristiwa antrean panjang ini tidak terulang, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan sebagainya panitia kurban membagikan langsung ke masyarakat. Caranya dengan mendatangi mereka satu per satu.(mdk)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pembagian Daging Kurban yang Makan Korban di Istiqlal

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/10/pembagian-daging-kurban-yang-makan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pembagian Daging Kurban yang Makan Korban di Istiqlal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pembagian Daging Kurban yang Makan Korban di Istiqlal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger