Dituding Mirip Yahoo, Kudunyahoo Tolak Ganti Nama

Written By Unknown on Senin, 30 September 2013 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Meski disomasi Yahoo! untuk segera ganti nama karena dianggap mirip, situs lokal Kudunyahoo.com tak serta merta mengikuti keinginan sang raksasa internet. Situs buatan orang Bandung ini menolak untuk mengganti nama.

"Penggantian nama domain dengan menghapus 1 (satu) huruf 'Oo atau dengan nama lainnya. Penciptaan atau proses kreasi pembentukan nama, logo dan warna atas situs www.kudunyahoo.com adalah melalui suatu proses yang kami telah analisa dan ketiadaan niat mendompleng ketenaran suatu nama," jelas para pemilik Kudunyahoo, dalam surat keberatannya kepada Yahoo.

Pemilihan nama adalah berdasarkan tujuan web yang memberi informasi pada orang Bandung dan masyarakat yang ingin berkunjung ke Bandung ataupun berisi perjalanan-perjalanan yang dilakukan serta informasi berguna lainnya. Pertimbangan lain adalah asal daerah para pendiri Kudunyahoo yang asal kota Bandung, di mana bahasa daerah yang digunakan adalah bahasa sunda.

"Kudunyahoo berasal dua suku kata yang terdiri dari 2 kata 'Kudu' dan 'Nyahoo' yang kalau digabungkan mengandung arti 'sesuatu yang penting untuk diketahui' . Penambahan 1 huruf vocal 'o' di dalamnya adalah dengan maksud suatu penegasan," lanjutnya.

Hal ini bisa diamati ketika ada komunikasi menggunakan kata ini pada suku sunda khususnya dan masyarakat Jawa Barat pada umumnya, dimana selalu ada penekanan satu huruf vokal 'o' di dalam kata tersebut untuk membuat seseorang lebih memperhatikan apa yang sedang atau ingin dibicarakan.

Selain itu kata 'Nyahoo' merupakan suatu kata yang berasal dari kata dasar 'Nyaho' bukan 'Yahoo'. "Untuk itu keberatan pihak Saudara atas nama web kami sangat tidak berlasan melihat daripada unsur yang kami kemukakan dan perubahan itu sendiri akan merubah maksud dan tujuan dari web yang telah kami buat selama lebih dari 2 tahun," tegas Kuduyahoo kepada Yahoo!.

Penuntutan yang dilakukan Yahoo setelah web www.kudunyahoo.com telah berjalan selama 2 tahun juga dianggap tidak berdasar. Sebab web ini telah resmi ada sejak lama dan selama ini tidak ada klaim/tuntutan atas penggunaan nama tersebut.

Jika nama web dianggap melanggar hak cipta, seharusnya dari 3 bulan awal ketika web ini ada sudah ter-suspend oleh sistem komputerisasi di internet baik oleh penuntut dengan menggunakan program sendiri atau laporan masyarakat pengguna internet.

Sebelumnya, Yahoo dalam surat somasi yang dikirimkan meminta Kudunyahoo untuk mengganti nama situsnya paling lambat 30 September 2013 karena dianggap mirip.

"Yahoo! Inc. meyakini bahwa unsur 'yahoo' ada situs web www.kudunyahoo.com menyerupai merek terkenal klien kami dan nama dagang 'YAHOO'. Kemiripan tersebut dapat menyebabkan kebingungan di dalam masyarakat, dengan suatu asumsi bahwa situs web www.kudunyahoo.com tersebut merupakan salah satu fitur layanan yang ditawarkan oleh klien kami, Yahoo! Inc., yang mana adalah tidak benar sama sekali dan sangat menyesatkan," tulis pernyataan Yahoo.

"Dengan segera mengganti nama situs web saudara dari 'Kudu Nyahoo' menjadi 'Kudu Nyaho' atau nama situs web lainnya, termasuk di dalamnya mengganti semua ungkapan 'Kudu Nyahoo' yang ada di dalam situs web saudara tersebut," tegas Yahoo, lewat kuasa hukum Hadiputranto, Hadinoto & Partners.(dtc)


Anda sedang membaca artikel tentang

Dituding Mirip Yahoo, Kudunyahoo Tolak Ganti Nama

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/09/dituding-mirip-yahoo-kudunyahoo-tolak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dituding Mirip Yahoo, Kudunyahoo Tolak Ganti Nama

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dituding Mirip Yahoo, Kudunyahoo Tolak Ganti Nama

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger