Pemko Tomohon Masih Negosiasi Tanah

Written By Unknown on Selasa, 06 Agustus 2013 | 11.35

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Rencana pelebaran jalan antara Tomohon dan Manado sudah mulai ditindaklanjuti. Arnold Poli Sekretaris Kota Tomohon menyampaikan, pemerintah kota terus melakukan negosiasi untuk membebaskan tanah untuk pelebaran.

Hal itu disampaikan Poli saat rapat evaluasi pembangunan dengan Gubernur Sulut SH Sarundajang di Kantor Gubernur Sulut, pekan lalu. Kata dia, Pemko Tomohon akan menganggarkan pembebasan lahan senilai Rp 2 miliar setelah ada surat keputusan dari panitia pengadaan tanah. Rencananya jalan nasional itu diaspal kembali sepanjang 16 kilometer plus dilebarkan dengan dana dari pusat.

Meski begitu, Poli mengatakan, kendalanya ada di pembebasan tanah. Negosiasi dengan pemilik lahan masih terus berlanjut.

Mengungkap sedikit soal rencana pelebaran, kata Poli, ada dua bukit yang harus dipotong untuk area pelebaran nanti.

Lanjutnya, Pemko Tomohon juga tengah berkoordinasi dengan Dinas PU Sulut untuk surat keputusan penetapan lokasi. Pelibatan Pemprov Sulut karena jalan tersebut melintas di kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa.

Ia menyebut, pelebaran tersebut memang masuk konsep pembangunan Kota Tomohon. Dikaitkan dengan penanggulangan risiko bencana erupsi gunung seharusnya harus ada pula jalur alternatif dari Tomohon menuju Kota Manado. "Rencanannya lewat Desa Kali," ujarnya.

Kepala Dinas PU Sulut J E Kenap menyampaikan, pentingnya pemberian patok bagi lokasi yang akan dibebaskan. Balai Jalan Nasional selaku pelaksana teknis pelebaran Manado-Tomohon harus segera memberi patok.

Lanjut Kenap, patok tersebut nantinya bisa menentukan pemilik tanah untuk mengembangkan areanya baik untuk bisnis ataupun permukiman. "Jangan nanti karena belum disosialisiasikan, pemilik tanah sudah bangun bangunan di area untuk dibebaskan, repot lagi nanti," ujar Kenap.(ryo)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemko Tomohon Masih Negosiasi Tanah

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/08/pemko-tomohon-masih-negosiasi-tanah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemko Tomohon Masih Negosiasi Tanah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemko Tomohon Masih Negosiasi Tanah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger