Dinas Pendidikan: Silahkan Kepala Sekolah Ambil Ijazah di Kantor Dinas

Written By Unknown on Jumat, 12 Juli 2013 | 11.36

Laporan Wartawan Tribun Manado, Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID,  MANADO -  Siswa di sejumlah sekolah di Manado mengaku belum menerima ijazah. Menurut Kasubag Umum Ronny Sepang, sebenarnya sekolah yang belum menerima ijazah karena kepala sekolah tak datang mengambilnya langsung di Kantor Dinas Pendidikan Sulut. "Saya sampaikan ijazah siswa seluruh sekolah di Sulut sudah ada, SD, SMP, SMA dan SMK, bahkan sejak dua minggu lalu disini. Silahkan datang ambil ijazah di Kantor dinas, sudah banyak sekolah yang datang mengambilnya," kata Sepang kepada Tribun Manado, Kamis (11/7).

Ijazah tersebut sudah dipaket per kota/kabupaten, dan tersimpan di ruang arsip kantor dinas.

Lebih lanjut Sepang menjelaskan, khusus SD, Dinas Pendidikan Sulut menyerahkan ke Dinas pendikan kota/Kabupaten, sementara SMP, SMA/SMK, harus datang mengambil sendiri di Kantor Diknas. "Termasuk sekolah-sekolah yang dipelosok dan kepulauan harus datang ambil sendiri," katanya.

Cara itu digunakan, agar kepala sekolah datang mengambil sendiri dan membawa laporan pertanggungjawaban pembagian ijazah tahun ajaran sebelumnya "Itu syaratnya, ambil ijazah harus laporkan pertanggungjawaba ijazah tahun sebelumnya," katanya.

Ia mengimbau, agar kepala sekolah. Datang mengambil ijazah dengan membawa laporang pertanggungjawabab "Dimohon secepatnya, karena banyak lulusan sudah perlu, mungkin ingin masuk kuliah atau kesatuan," katanya.

Proses di Keuangan

Menyangkut dana bonus siswa beprestasi 2012 lalu, diakui memang masih belum direalisasikan, namun patut dicatat kata Maria, kepala Seksi di Dinas Pendidikan proses untuk pencairan masih sementara berlangsung di bagian keuangan

Ia menjelaskan, sebenarnya saat pemberian bonus belum tertata anggaran untuk pemberian bonus tersebut, langkah yang diambil menata dana tersebut sebesar Rp 193 juta di APBD Perubahan 2012, karena nomenklatur diatur bersama tropi maka harus ada pihak ketiga/rekanan, untuk realisasinya.

Sayangnya kata Maria, karena ada persoalan administrasi dana tersebut tak bisa dicairkan. Dinas Pendidikan pun mengambil kebijakan memproses dana tersebut di 2013

"Itu Dana luncuran, yang tak diterealisasi di 2012, diluncurkan di 2013. prosesnya sementara berlangsung," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sudah ada peraturan gubernur untuk realisasinya. Kini prosesnya pada tahap meneribitkan surat permintaan dana (SPD).

"Karena nomenklaturnya bersama tropi jadi tidak boleh minta langsung harus dipihak ketigakan," kata dia.

Setelah terbit SPB, tinggal menunggu surat perintah pembayaran (SPP). Ia juga menjelaskan, karena ada mutasi pejabat dinas baru, akan diadakan perubahan spesimen untuk berkas.

Maria sendiri tak ingin memastikan kapan waktu bisa merealisasikan dana tersebut, "Yang pasti prosesnya sementara berjalan, kami memohon kesabaran bagi penerima dana," sebut dia.

Nantinya untuk pengambilan dana akan dihubungi oleh Dinas, diharapkan ikut membawa serta voucher Rp 5 juta yang lalu diserahkan saat HUT Sulut tahun 2012 lalu. (ryo)


Anda sedang membaca artikel tentang

Dinas Pendidikan: Silahkan Kepala Sekolah Ambil Ijazah di Kantor Dinas

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/07/dinas-pendidikan-silahkan-kepala.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dinas Pendidikan: Silahkan Kepala Sekolah Ambil Ijazah di Kantor Dinas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dinas Pendidikan: Silahkan Kepala Sekolah Ambil Ijazah di Kantor Dinas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger