Dinkes - TP PKK Sosialisasi Posyandu Cerdas

Written By Unknown on Sabtu, 23 Maret 2013 | 11.35

Tribun Manado - Sabtu, 23 Maret 2013 12:06 WITA

Laporan wartawan Tribun Manado Fernando Lumowa

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO -

  Sedikitnya 110 tenaga kesehatan mengikuti Sosialisasi Posyandu Cerdas di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Sulut, Kamis-Jumat (21-23/3). Sosialisasi ini digelar Bidang Promosi Kesehatan (Promkes) dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Sulut dan Tim Penggerak PKK Provinsi Sulut.

Usai pembukaan kegiatan oleh Dr Marietha Kuntag, Wakil Ketua TP PKK Sulut, peserta langsung menerima beragam materi seputar Posyandu Cerdas. Dr Enriko Rawung, Kabid Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Sulut menjelaskan dalam materinya, Posyandu Cerdas ialah layanan terpadu guna meningkatkan derajat kesehatan ibu, anak, dan keluarga.

"Jadi dalam satu tempat tak hanya melayani pemberian imunisasi dan pemberian makanan tambahan saja. Sekaligus dengan pendidikan anak usia dini (PAUD), konseling kesehatan keluarga, pelayanan ibu hamil, ibu nifas, dan kesehatan gigi mulut," kata Rawung. Bentuk pelayanan lain, yakni penimbangan berat badan, bina keluarga balita, konseling ekonomi keluarga produktif, kesehatan reproduksi dan lain-lain.

Dijelaskan, Posyandu Cerdas berkonsep one stop service, yakni pelayanan terpadu kepada ibu, bayi dan keluarga. Jika konsep Posyandu Cerdas terlaksana, Sulut bisa melahirkan generasi emas pada 15-20 tahun ke depan. "Bagaimana kita menjadi bangsa yang besar dan berkualitas, melahirkan generasi emas Sulut, mulailah dari sekarang. Caranya, lewat Posyandu Cerdas," kata Rawung.

Selain dari Dinkes, peserta mendapat materi dari Dra Fredrika Woimbon, Kabid Kesejahteraan Keluarga BkkbN Sulut. Woimbon berbagi kiat tentang kesejahteraan dan pemberdayaan keluarga. Pemateri lainnya, Dra Danes Sumolang dari Diknas Sulut yang membawa materi tentang PAUD.

Kegiatan ini digelar agar para pelaksana Posyandu Cerdas punya satu visi dalam pelaksanaan di lapangan. Sehingga, tercipta pelayanan Posyandu Cerdas baku sesuai standar. Para peserta ialah staf teknis pada dinas kesehatan provinsi kabupaten/kota, BPMPD, Puskesmas, BkkbN dan TP PKK kabupaten/kota.


Anda sedang membaca artikel tentang

Dinkes - TP PKK Sosialisasi Posyandu Cerdas

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2013/03/dinkes-tp-pkk-sosialisasi-posyandu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dinkes - TP PKK Sosialisasi Posyandu Cerdas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dinkes - TP PKK Sosialisasi Posyandu Cerdas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger