Del Piero Pilih "Soccer"

Written By Unknown on Jumat, 14 Desember 2012 | 11.35

Tribun Manado - Jumat, 14 Desember 2012 10:52 WITA

TRIBUNMANADO.CO.ID-Apalah arti sebuah nama. Namun, perdebatan mengenai istilah soccer dan football kembali menggema di Australia. Ini gara-gara mantan bintang Juventus yang sekarang bermain untuk Sydney FC, Alessandro Del Piero, memilih menggunakan istilah soccer.

"Saya di sini karena semangat untuk soccer," kata Del Piero, dalam wawancara pertamanya dengan Fox Sport ketiba tiba di Sydney bulan September lalu.

Menurut laporan news.com.au, Rabu (13/12/2012) lalu, ketika diwawancarai lagi mengenai apakah dia akan bermain untuk musim kedua di Liga Australia (A-League), Del Piero memjawab, "Masih terlalu pagi bagi saya untuk menjawab. Saya ke sini untuk bermain soccer."

Del Piero selalu menggunakan istilah soccer setiap kali ditanya soal penampilan dirinya dan Sydney FC.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, sepak bola yang dimainkan oleh Del Piero, Lionel Messi, Manchester United memang dikenal dengan dua nama, yaitu soccer dan football. Di hampir seluruh bagian dunia, termasuk Indonesia, istilah football untuk menyebut sepak bola sudah diterima dan tidak pernah diperdebatkan.

Namun, untuk Amerika Serikat, Australia, dan sebagian daerah Inggris, istilah ini menjadi agak kacau karena ada permainan lain juga disebut football. Permainan ini menggunakan bola lonjong dengan peraturan semacam rugbi. Oleh karenanya, di Amerika permainan ini sering disebut football gaya Amerika, demikian juga di Australia disebut football gaya Australia.

Istilah soccer sendiri bermula dari Inggris, yang merupakan singkatan dari Association Football.

FIFA sebagai organisasi induk sepak bola menggunakan istilah football, demikian juga UEFA maupun FFA (Football Federation Australia, Federasi Sepakbola Australia).

Menurut news.com.au, kalangan organisasi media juga menggunakan istilah football, dan bukannya soccer.

Jadi, mengapa Del Piero menggunakan istilah soccer? Juru bicara FFA, Mark Jensen, mengatakan bahwa kebijakan tidak resmi FFA adalah menggunakan istilah football, tetapi dia tidak bisa memaksa pemain seperti Del Piero untuk menyebut istilah tertentu.

"Saya kira kata soccer merupakan terjemahan bahasa Inggris Del Piero untuk kata football," kata Jensen.

"Kami tidak akan memaksa dia mengubah apa yang ingin dikatakannya. Sepanjang dia bicara mengenai pertandingan, dan orang-orang juga bicara mengenai hal yang sama, kami sudah senang," tambah Jensen.

"Namun lucunya kalau kita lihat cabang lain yang menyebut diri football, ketika saya menonton, setiap kali mereka menggunakan tangan," lanjut Jensen.

Namun, para penggemar sepak bola gaya Australia, dua cabang rugbi, union dan league, mengatakan, sepak bola harus disebut soccer guna membedakan dengan cabang mereka yang di Australia disebut footy. Tetapi, memang soccer adalah satu-satunya cabang yang sepenuhnya menggunakan kaki dalam permainan, kecuali kiper, sementara cabang lainnya malah kebanyakan menggunakan tangan.


Anda sedang membaca artikel tentang

Del Piero Pilih "Soccer"

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2012/12/del-piero-pilih.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Del Piero Pilih "Soccer"

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Del Piero Pilih "Soccer"

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger