Warga Dilarang Dekati Kawah Gunung Lokon

Written By Unknown on Minggu, 18 November 2012 | 11.35

Tribun Manado - Minggu, 18 November 2012 11:42 WITA

Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON

- Gunung Lokon di Kota Tomohon masih terus beraktivitas. Hal itu ditandai dengan adanya supply energi lewat adanya gempa vulkanik dan tremor yang terus terekam pada sesmograf di pos pemantau,

"Supply energi masih tetap terjadi di Kawah Tompaluan yang menjadi pusat aktivitas Gunung Lokon. Embusan dan gempa vulkanik masih terus terekam kendati jumlahnya tidak signifikan, hanya sekali-sekali saja," ujar Suwarno, staf Pos Pemantau Gunung Lokon, Sabtu (17/11/2012).

Ia mengungkapkan dengan adanya supply energi tersebut,  letusan masih mungkin terjadi, sehingga masyarakat diharapkan untuk tetap siaga dan waspada. "Warga harus terus berhati-hati, dengan tidak melakukan aktivitas dalam radius bahaya 2,5 Km atau mendaki hingga ke puncak. Sangat berbahaya, sebab bisa terancam terkena material jika letusan terjadi," katanya.

Gunung Lokon menurut Suwarno hingga kini masih tetap berstatus siaga, belum ada tanda-tanda akan dinaikkan atau diturunkan. "Status Lokon tetap siaga, belum ada tanda-tanda akan dinaikkan atau diturunkan," tegasnya.

Kapten Kavaleri Ahmad Nurdin, Danramil Kota Tomohon menegaskan pihaknya tetap memantau perkembangan gunung di pos dan di sekitar lokasi bahaya agar ketika terjadi peningkatan eskalasi ancaman, bisa dilakukan tindakan penyelamatan dengan segera. "Personil TNI tetap siaga untuk mengantisipasi ancaman bahaya jika terjadi letusan, jadi kami harapkan warga tetap tenang dan tidak mempercayai isu sesat yang dapat meresahkan seputar aktivitas Gunung," tukasnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Warga Dilarang Dekati Kawah Gunung Lokon

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2012/11/warga-dilarang-dekati-kawah-gunung-lokon.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Warga Dilarang Dekati Kawah Gunung Lokon

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Warga Dilarang Dekati Kawah Gunung Lokon

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger