TPAPD 2011 Bagai Makan Buah Simalakama

Written By Unknown on Selasa, 16 Oktober 2012 | 11.35

Tribun Manado - Selasa, 16 Oktober 2012 11:44 WITA


Laporan Wartawan Tribun Manado, Edi Sukasah

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOLMONG

- Tunjangan pokok aparatur pemerintah desa (TPAPD) triwulan IV tahun 2011 menjadi persoalan pelik bagi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow (Bolmong). Bagai makan buah simalakama bila tunjangan tersebut dianggarkan kembali.

Bila penganggaran tunjangan tersebut masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2012, maka hak ribuan pamong desa di Kabupaten Bolmong bisa terpenuhi. Namun hal tersebut bisa berdampak hukum bagi penyelengara pemerintah, bahkan bagi lembaga legislatif.

"Berdasarkan konsultasi Badan Anggaran (Banggar) DPRD Bolmong kepada BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) penganggaran TPAPD triwulan IV tersebut sudah tidak bisa lagi," ujar Muhammad Syahrudin Mokoagow, anggota DPRD Bolmong, Senin (15/10/2012).

Namun, lanjut dia, keterangan berbeda disampaikan pihak Pemerintah Provinsi pada pertemuan yang juga dihadiri BPK sebelum Banggar berkonsultasi ke BPK. Saat itu, pihak prmprov menyatakan tunjangan tersebut masih bisa masuk dalam APBD Perubahan 2012. Ini yang membuat anggaran TPAPD sudah ada dalam KUA-PPAS Perubahan.

"Dalam KUA-PPAS perubahan tersebut dianggarkan Rp 1.6 miliar untuk pembayaran tunjangan satu bulan bagi aparatur desa. Namun setelah ada hasil konsultasi Banggar dengan BPK tentu kami harus memikirkan ulang," kata dia menambahkan.

Dikatakan, keputusan apakah TPAPD bisa masuk ke APBD-P 2012 akan menunggu surat resmi dari BPK dan Pemprov Sulut. "Kami tidak bisa mengandalkan keterangan lisan. Kami butuh surat tertulis yang bisa menjadi pegangan dan penjelasan kepada para aparat desa," ujar pria yang biasa disapa Mat ini.

Di sisi lain, para sangadi dan aparatur desa bersikukuh minta Pemerintah Daerah (Pemda) Bolmong untuk membayarkan TPAPD triwulan IV tahun 2011 lalu.Mereka beralasan berhak mendapatkan tunjangan tersebut karena telah bekerja.

"Kita sudah bekerja selama ini, namun Pada Triwulan IV belum dibayarkan," ujar Sangadi Desa Toraut Utara, Jairudin Mokoagow yang diamini oleh rekan-rekanya sesaat sebelum rapat paripurna KUA-PPAS Perubahan 2012 di Kantor DPRD Bolmong Senin kemarin.


Anda sedang membaca artikel tentang

TPAPD 2011 Bagai Makan Buah Simalakama

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2012/10/tpapd-2011-bagai-makan-buah-simalakama.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

TPAPD 2011 Bagai Makan Buah Simalakama

namun jangan lupa untuk meletakkan link

TPAPD 2011 Bagai Makan Buah Simalakama

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger