Erwin Minta Bolmong Serius Jaga Hutan

Written By Unknown on Jumat, 26 Oktober 2012 | 11.35

Tribun Manado - Jumat, 26 Oktober 2012 12:21 WITA

Laporan Wartawan Tribun Manado, Edi Sukasah

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOLMONG -

Aktivis Linggkungan Hidup Bolaang Mongondow (Bolmong) Erwin Makalunsenge minta Pemerintah Daerah Bolmong serius dalam penanganan pembalakan liar hutan di daerah tersebut. Kata dia, pengamanan hutan di wilayah Bolmong masih perlu diperketat.

Menurutnya, hutan Bolmong seluas 294.514,89 hektar masih menjadi sasaran pembalakan liar. Bahkan, dampak penebangan secara serampangan dan tanpa izin tersebut sudah terasa oleh warga Bolmong. Erwin mencontohkan beberapa bencana yang menimpa daerah tersebut.

"Beberapa kasus banjir di Dumoga Raya dan Poigar disebabkan oleh pengikisan hutan. Begitu pula bencana lain di wilayah Kecamatan Lolayan. Pemerintah harus tanggap dan melakukan antisipasi terhadap hal seperti ini," kata Erwin, belum lama ini.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Bolmong Ashari Sugeha mengatakan pihaknya bersama polisi kehutanan (Polhut) selalu mengadakan hutan-hutan di wilayah Bolmong. Bahkan, kata Ashari, pihaknya tidak mengizinkan masyarakat yang mempunyai kayu dengan kapasitas banyak untuk melakukan penebangan.

"Walaupun kayu-kayu tersebut miliknya sendiri, namun tidak diizinkan melakukan penebangan tanpa mengantongi dokumen-dokumen," ujar Ashari.

Dia menambahkan kasus pembalakan liar di Bolmong hampir tidak ada. Menurutnya, kayu-kayu sitaan yang didapatkan oleh Polhut maupun petugas hutan justru adalah kiriman dari daerah lain yang diperiksa di perbatasan. "Kasus pembalakan liar nyaris tidak ada di Bolmong," kata Ashari.

Data dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Kabupaten Bolmong memiliki hutan 294.514,89 hektar. Hutan tersebut terdiri hutan lindung 5.550,66 hektare, hutan lindung bakau 287,81 hektare, cagar alam 12.396,64 hekatre. Sedangkan hutan produksi tetap seluas 19.865,45 hektare, hutan produksi terbatas 27.091,28 hektare, dan areal penggunaan lain 116.229,09 hektare.

Selain itu, dari jumlah luas hutan di Bolmong juga masuk dalam kawasan Taman Nasional Nano Warta Bone. Luas taman nasional yang berada di daerah Bolmong adalah 133.193,96 hektare atau hampir setengah luas hutan di Bolmong.


Anda sedang membaca artikel tentang

Erwin Minta Bolmong Serius Jaga Hutan

Dengan url

http://dimanadoyodo.blogspot.com/2012/10/erwin-minta-bolmong-serius-jaga-hutan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Erwin Minta Bolmong Serius Jaga Hutan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Erwin Minta Bolmong Serius Jaga Hutan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger